UMKM Apa yang Cocok dan Menguntungkan Didirikan di Surabaya? Berikut Ulasannya

Memahami UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM adalah berperan sangat penting dalam menstabilkan keuangan sebuah negara.

“UMKM adalah memiliki nilai kekayaan bersih atau nilai aset tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan,” bunyi UU Nomor 20 pasal 6.

Fungsi dan peranan utama UMKM adalah penyedia barang dan jasa, penyerap tenaga kerja, pemerataan pendapatan, nilai tambah bagi produk daerah, dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Berikut Kami ulas lebih mendalam tentang UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Contoh Usaha Mikro yang Cocok di Surabaya

Berikut ini merupakan contoh UMKM Surabaya adalah dari berbagai jenis dan bidang usaha. Anda bisa menjadikan contoh berikut sebagai inspirasi untuk mulai menekuni usaha mikro.

1. Laundry Kiloan

Bisnis laundry memang banyak, tetapi peluangnya masih besar sampai saat ini. Anda bisa memulai dengan membeli mesin cuci dan mesin pengering serta peralatan pendukung lainnya.

Untuk tempat Anda bisa memulai dengan menggunakan ruangan kosong di rumah terlebih dahulu. Dengan modal sekitar 10 jutaan anda sudah bisa memulai usaha mikro adalah dari rumah dengan potensi omset yang besar.

2. Bisnis Jajanan Tradisional

Bisnis jajanan tradisional bisa menjadi contoh usaha mikro adalah yang layak dicontoh. Pasalnya, selain berkontribusi untuk melestarikan jajanan tradisional, usaha ini juga bersifat padat karya. Jika suatu saat bisa sukses, maka akan membuka banyak lapangan pekerjaan di lingkungan sekitar.

3. Bisnis Kuliner Rumahan

Memanfaatkan hobi memasak, Anda bisa memulai usaha mikro adalah dari rumah dengan modal yang minim. Anda bisa memulai dengan memanfaatkan peralatan masak di rumah. Untuk strategi pemasaran bisa lewat WhatsApp dan juga sosial media untuk promosi bisnis kuliner.

Potensi keuntungan dari bisnis kuliner rumahan ini sangat potensial, karena makanan merupakan kebutuhan pokok. Agar nilai produk makanan Anda berbeda dengan yang lain, cobalah untuk menggunakan packaging yang menarik atau gali keunggulan yang belum dimiliki kompetitor.

4. Usaha Gerabah (Keramik Tanah Liat)

Pernahkah Anda berkunjung ke Desa Wisata Kasongan, atau Desa Wisata Panjangrejo di Kabupaten Bantul, Yogyakarta? Kedua daerah tersebut merupakan sentra kerajinan gerabah (kerajinan tangan dari tanah liat).

Usaha mikro adalah yang bersifat padat karya tersebut mampu memberikan nilai ekonomi tinggi untuk masyarakat sekitar dan membuka banyak lapangan pekerjaan, tanpa harus mengadu nasib ke pemilik modal. Sebuah gagasan ekonomi kerakyatan yang luar biasa bukan?

5. Bisnis Fashion Online

Selain produk makanan, Anda bisa mencoba untuk berjualan barang fashion. Perlu diketahui bahwa fashion merupakan kebutuhan yang dicari orang. Anda bisa memulai dengan berjualan online dan memanfaatkan sosial media untuk media promosinya. Agar lebih dikenal oleh pelanggan, cobalah membranding nama bisnis.

Anda bisa memulai dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu sehingga tidak perlu keluar modal banyak.

6. Usaha Batik Tulis

Sejak ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia, batik tulis kini kian digandrungi masyarakat dari luar maupun dalam negeri. Efeknya, bisnis batik tulis menjadi semakin cerah untuk ditekuni. Anda bisa belajar dari desa wisata Imogiri soal pemasaran dan branding, karena batik tulis dari daerah ini sudah melalang buana sampai ke Istana Negara.

7. Bisnis Sablon Kaos

Sablon kaos menjadi salah satu contoh usaha mikro adalah yang belakangan banyak digeluti. Jenis usaha ini awalnya memang membutuhkan modal dan skill yang lumayan.

Meski begitu, potensi dari usaha sablon sendiri bisa dibilang lumayan besar, terutama ketika memasuki masa kampanye pemilihan wakil rakyat.

8. Toko Sembako

Seperti kita ketahui, setiap orang memerlukan kebutuhan sehari-hari seperti pasta gigi, sabun mandi, deterjen, gula, beras dan bahan pokok lainnya. Membuka usaha toko sembako juga sangat menguntungkan jika konsisten dijalankan.

9. Usaha Minuman Kemasan dan Jus

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa memulai usaha minuman kemasan dan juga jus buah. Usaha minuman ini memang menjanjikan, memiliki market yang luas sehingga potensinya besar.

Banyak bisnis minuman yang berasal dari usaha mikro adalah telah memiliki franchise yang tersebar di seluruh Indonesia.

10. Jual Ayam Potong

Di daerah pedesaan maupun perkotaan, ayam menjadi makanan sejuta umat yang disukai banyak orang. Potensi ekonominya begitu besar, walaupun hanya dijalankan dalam skala kecil.

Kamu bisa mencoba menekuni bisnis, baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun sebagai penghasilan utama.

Amartha Solusi Mendapatkan Pendanaan untuk UMKM Surabaya

PT Amartha Mikro Fintek microfinance marketplace yang berfokus pemberdayaan perempuan pengusaha mikro lewat layanan keuangan inklusif, mencatatkan kinerja positif pada semester satu periode 2022. Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp 1,5 triliun, atau tumbuh 78 persen jika dibandingkan penyaluran pendanaan semester satu periode 2021 yakni sebesar Rp 870 miliar.

Penyaluran pendanaan sebesar Rp 1,5 triliun merupakan kontribusi dari berbagai pendana, baik pendana di level institusi seperti perbankan maupun pendana di level ritel individu. Amartha juga cukup gencar menggalakan kolaborasi strategis dengan sektor perbankan seperti BPD, BPR, maupun bank Nasional untuk mengakselerasi penyaluran pendanaan bagi pertumbuhan UMKM di pedesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *