Tips Membuat Financial Planning untuk Milenial Agar Rencana Masa Depan Dapat Tercapai

Kebanyakan orang yang sudah mempunyai penghasilan setiap bulan pasti mempunyai planning untuk membeli rumah, kendaraan, menikah, dan masih banyak lainnya. 

Akan tetapi, ada satu permasalahan yang dimiliki sering generasi milenial yaitu pengeluaran dengan tujuan tidak penting. Bahkan, dengan pengeluaran tersebut bisa memberikan dampak buruk terhadap keuangan di kemudian hari. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan juga jelas mengenai cara melakukan financial planning di era milenial. 

Cara Membuat Financial Planning

Cara membuat financial planning yang benar belum banyak diketahui oleh kalangan masyarakat. Untuk beberapa cara yang dapat dilakukan pada saat membuat financial planning bagi kalangan milenial adalah: 

1. Memeriksa Kondisi Keuangan 

Sebelum membuat financial planning untuk masa depan, pastikan Anda untuk melakukan pemeriksaan kondisi keuangan terlebih dahulu. Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan guna mengetahui bagaimana kemampuan Anda di saat menggunakan uang. 

Mulailah untuk melakukan pemeriksaan pada beberapa pemasukan, pengeluaran, pinjaman dan cicilan pada setiap bulan. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan tabungan atau sisa uang yang disimpan pada sebelumnya. 

2. Membuat Pos Pengeluaran 

Setelah mengerti kondisi keuangan, Anda bisa langsung membuatkan pos atau anggaran pengeluaran untuk setiap kebutuhan yang berbeda-beda. Bagi generasi milenial yang belum mempunyai keluarga, tentunya kebutuhan harus dipenuhi masih lebih sedikit. 

Meski demikian, Anda harus membuat financial planning agar setiap uang yang dimiliki dapat dipergunakan secara efektif. Pos pengeluaran ini dapat dipergunakan sebagai batasan berapa budget yang dapat dipergunakan untuk beberapa kebutuhan tertentu. 

3. Prinsip Membagi Penghasilan 

Era seperti sekarang, bekerja tidak langsung datang dari kantor. Jadi banyak milenial yang memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda juga harus menghitung semua penghasilan sebagai pemasukan untuk memenuhi kebutuhan. 

Setelah itu, lakukan pembagian pemasukan dengan menggunakan prinsip yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Pada umumnya, prinsipnya adalah 50 (kebutuhan sehari-hari) – 20 (tabungan) – 30 (untuk hobi) – merupakan prinsip financial planning yang sering dipergunakan oleh kalangan millenial. 

4. Mencatat Pengeluaran Secara Berkala 

Mencatat pengeluaran menjadi satu hal wajib yang harus dilakukan supaya bisa mengontrol pengeluaran. Selain itu, catatan tersebut nantinya dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi rencana keuangan supaya bisa melihat mana uang yang akan dipergunakan. 

Ketika Anda kurang suka dengan melakukan pencatatan di buku, maka bisa menggantinya dengan menggunakan ponsel atau smartphone. Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi pencatatan pengeluaran yang memudahkan di dalam proses pencatatan pengeluaran secara berkala. 

5. Membayar Semua Pinjaman 

Cara simple financial planning adalah membayar semua pinjaman dan cicilan. Bahkan, Anda juga disarankan untuk lebih fokus terhadap pelunasan pinjaman dan cicilan supaya segera terbebas dari beban. 

Apabila Anda mempunyai beberapa pinjaman maka utamakan pinjaman yang mempunyai bunga terbesar terlebih dahulu. Sedangkan, untuk pinjaman sudah terbayarkan dan semua cicilan sudah selesai baru bisa lebih fokus menabung. 

6. Jangan Berhenti Belajar Mengenai Rencana Keuangan 

Financial planning adalah bagian paling penting di dalam hidup, karena harus mempunyai rencana yang matang di dalam mengatur keuangan di kedepannya. Rencana keuangan ini dapat mempermudah Anda di dalam mewujudkan mimpi dan mencapai kebebasan finansial. 

Akan tetapi, untuk bisa membuat dan melakukan rencana keuangan tersebut dengan tepat harus mengerti ilmunya terlebih dahulu. Sebagai generasi milenial, Anda tidak boleh berhenti belajar. 

7. Menggunakan Teknologi Perencanaan Keuangan 

Seperti yang diketahui, bahwa untuk generasi milenial ini tidak dipisahkan dengan teknologi canggih dan modern. Anda bisa memanfaatkan juga teknologi tersebut di dalam membuat rencana keuangan. 

8. Jangan Berhutang untuk Kebiasaan Konsumtif

Seiring berjalannya waktu untuk kebutuhan terus mengalami peningkatan. Tidak disarankan juga untuk Anda berhutang guna memenuhi kebutuhan konsumtif. Akan tetapi, bagi Anda yang membutuhkan modal dengan jumlah besar boleh saja melakukan pinjaman di bank.

9. Menambah Pemasukan Bulanan 

Ditengah-tengah kebutuhan yang terus mengalami peningkatan. Tidak mungkin, ketika harus sering melakukan hutang. Akan tetapi, untuk langkah yang paling tepat dilakukan guna memenuhi kebutuhan adalah dengan menambah pemasukan bulanan. 

Generasi milenial pada umumnya akan lebih melek dengan teknologi dan mempunyai energi besar. Sehingga, dengan adanya teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja sampingan. 

Apalagi, untuk sekarang ini banyak pekerjaan freelance yang dapat dikerjakan tanpa harus datang ke lokasi. Ada beberapa contoh pekerjaan freelance yang dapat dipilih, yaitu penulis konten, fotografer, membuka toko online dan masih banyak lainnya lagi. 

Generasi milenial juga dapat memasukkan layanan asuransi sesuai dengan kebutuhan ke dalam rencana keuangan. Sekarang ini juga ada banyak sekali macam-macam layanan asuransi syariah yang dapat dipilih oleh kalangan milenial atau anak muda membantu dalam menerapkan rencana keuangan menjadi lebih baik. Akan tetapi, supaya tidak kesalahan dalam pemilihan jasa layanan asuransi harus mencari tahu lebih banyak lagi perihal kelebihan dan kekurangannya. Jadi, tidak perlu khawatir lagi mengenai kondisi keuangan di masa yang akan mendatang.

Salah satu jasa layanan asuransi syariah yang dapat dipilih yaitu Prudential Syariah. Di dalam jasa layanan asuransi tersebut ada banyak sekali macam-macam kategori yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat. Salah satu produk unggulannya adalah Asuransi jiwa syariah yang memiliki banyak manfaat karena mampu menjamin keamanan masa depan generasi milenial dan keluarga.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara membuat financial planning dan rekomendasi asuransi syariah terbaik. Besar harapan dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu Anda yang ingin mempunyai kondisi keuangan baik di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *