Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Bisa Menarik Banyak Viewers

Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Bisa Menarik Banyak Viewers

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu cara untuk meningkatkan engagement dengan followers adalah melakukan live streaming. Meskipun demikian, masih banyak para pemula yang kebingungan soal bagaimana caranya agar di situs live streaming ditonton banyak audiens.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini akan dibagikan beberapa tips melakukan live streaming bagi para pemula agar ramai dan menarik minat penonton:

1. Merencanakan Persiapan dengan Matang

Tips pertama saat akan melakukan siaran langsung adalah merencanakan persiapan yang matang. Spontanitas memang memiliki nilai tersendiri saat live streaming, namun sebaiknya kamu tetap perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum live antara lain :

  • Menetapkan Jadwal

Jika kamu akan melakukan live streaming dan hanya ditonton sedikit orang, tetap lanjutkan. Pastikan untuk mulai siaran langsung tepat waktu agar tidak mengecewakan audiens yang menunggu.

  • Siapkan Sesi Tanya Jawab

Selama live streaming berlangsung, ada sesi tanya jawab, dimana para penonton bisa mengajukan pertanyaan dan kamu menjawabnya. Tidak semua siaran langsung merupakan presentasi yang formal, namun kamu juga tetap harus meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dan berinteraksi dengan penonton.

  • Jangan Membatasi Waktu

Jika penonton punya banyak pertanyaan, diskusi bisa dilanjutkan. Apalagi jika pertanyaannya memberikan nilai ekstra bagi audiens. Tingkatkan keterlibatan audiens dengan konten yang lebih menarik dan informatif.

2. Pilih Platform yang Kamu Butuhkan

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan adalah memilih platform untuk live streaming. Salah satu platform terbaik yang direkomendasikan adalah IDN Live. Apa itu?

Fitur IDN Live di aplikasi IDN merupakan platform yang memberikan kesempatan bagi mereka yang suka tampil di depan kamera untuk mengekspresikan kreativitasnya. Dengan membuat konten yang direkam dan kemudian disiarkan langsung melalui kamera.

IDN Live memberi kesempatan bagi konten kreator untuk membuat beragam konten sesuai dengan ciri khasnya. Melalui fitur ini, para penonton dan streamer bisa saling berinteraksi. Jadi, tidak heran jika tayangan live streaming ini banyak disukai. Sebab, kedekatan antara streamer dan audiens bisa lebih intens dan terasa. Sehingga tidak jarang diadakan juga acara bagi – bagi hadiah bagi penonton di acara live streaming ini.

3. Promosikan Live Streaming Kamu

Setelah menentukan platform, langkah berikutnya adalah mempromosikan live streaming kamu. Selain itu, pilih juga topik yang menurut kamu ingin dilihat banyak orang dan undang pula seorang pembicara yang ahli dalam topik yang kamu pilih dan tentu saja yang bisa menarik perhatian banyak audiens.

Hadirkanlah pembicara hebat untuk menambah nilai plus bagi audiens kamu. Selanjutnya, kamu bisa melakukan iklan digital melalui media sosial untuk mencari peserta sebanyak mungkin dengan mempromosikan topik dan pembicara di acara live kamu.

4. Tawarkan Konten Eksklusif

Salah satu cara metode paling populer untuk menemukan audiens live streaming adalah dengan menawarkan berbagai konten eksklusif. Tawaran konten ekslusif ini bisa berupa informasi dari narasumber yang tidak dibahas di tempat lain atau diskon khusus pembelian produk untuk audiens live stream.

Selain kedua penawaran tersebut, masih ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat banyak orang tertarik bergabung dan menonton live streaming kamu.

Itulah ulasan tentang tips melakukan siaran langsung terutama bagi para pemula agar bisa menarik banyak viewers, sehingga engagement semakin tinggi.